Share

Pemandangan terbuka hijau ditambah sejuknya udara pagi di Bandung Utara segera menyambut ketika Kami akan memasuki komplek Eco Pesantren Darut Tauhid di bilangan Parongpong Bandung Barat. Petugas keamanan yang menjaga di portal masuk menanyakan maksud dan tujuan kedatangan kami. Sang Petugas langsung memahami ketika kami mengatakan: “Acara CITCOM anak ceria”. Dia dengan ramah memberikan petunjuk arah yang harus Kami ikuti ke lokasi acara yang diberi nama oleh pengelola lokasi dengan “Darus Sunnah”.

Pintu masuk Darus Sunnah, tempat wisata dan latihan Berkuda dan Memanah

Tak berapa lama, Kami pun sampai di lokasi yang bernama Darus Sunnah itu. Ringkikan kuda-kuda di kanan dan kiri jalan masuk lokasi seolah menyambut kedatangan Kami. Tak lama sudah kami temukan pula suara anak-anak yang sedang asyik mendengarkan dan sekaligus mempraktikkan bagaimana berkuda yang benar dan teknik memanah yang betul. 

Pagi itu, Sabtu/12 Maret 2021, CITCOM (C-level IT Community) menyelenggarakan kegiatan sebagai bagian dari salah satu program yang dinamakan CITCOM Ceria. 

Anak-anak sedang asyik menikmati pengarahan sebelum masing-masing praktik berkuda

CITCOM
CITCOM adalah forum komunikasi para pimpinan perusahaan bidang Teknologi Informasi. Saat ini CITCOM telah menghimpun tidak kurang dari 110 perusahaan yang bergerak di TI yang tersebar di Jawa Barat, DKI Jakarta, dan beberapa daerah lainnya. CITCOM memiliki misi yang tercermin dari tagline nya. Misi pertama adalah friendship, pertemanan. Diharapkan media CITCOM ini dapat membuat para pemilik dan pimpinan perusahaan IT bisa saling mengenal dan berteman. Saling mengenal satu dengan lainnya, baik secara personal maupun bisnis yang dikelola masing-masing. Dasar pertemanan ini sangat penting untuk dapat melangkah ke terbukanya berbagai manfaat lainnya.

Setelah mengenal dan berteman, kemudian misi kedua CITCOM adalah learn: belajar. Saling belajar dan berbagi pengetahuan serta pengalaman adalah harapan kedua dari dibentuknya wadah forum ini. Masing-masing memiliki pengetahuan dan pengalaman yang seringkali unik dan dibutuhkan oleh anggota lainnya dalam menjalankan usahanya masing-masing. Paling tidak adanya pengetahuan mengenai kekuatan kompetensi dari masing-masing perusahaan anggota CITCOM. 

Dengan terbangunnya pertemanan dan saling belajar tersebut, maka diharapkan misi ketiga forum ini dapat diwujudkan, yaitu collaborate. Kolaborasi hanya dapat terwujud dengan baik antar teman yang sudah saling mengetahui kekuatan masing-masing. Adalah sangat sulit di era seperti saat ini untuk menangani sendiri segala sesuatu. Kebutuhan pasar sangat luas dan membutuhkan kecepatan dan dinamika yang luar biasa. Sehingga kolaborasi adalah sebuah kebutuhan bagi setiap perusahaan untuk bisa terus sehat dan tumbuh. Diharapkan CITCOM dapat membantu memfasilitasi kolaborasi tersebut.

CITCOM Ceria
Disamping untuk memperkuat perusahaan anggota, para anggota forum CITCOM ini juga berkeinginan agar wadah ini juga punya manfaat keluar. Sebagai salah satu bentuk rasa syukur para anggota akan rezeki yang telah diberikan Tuhan, maka CITCOM meluncurkan juga sebuah program yang diberi nama “CITCOM Ceria”. Yaitu program untuk berbagi keceriaan dengan anak-anak yang kurang beruntung dari yatim piatu dan dhuafa. 

Program ini didanai dari donasi para anggota CITCOM yang kemudian bekerja sama dengan beberapa pengelola lembaga sosial yang terpercaya. 

Pada kegiatan CITCOM Ceria kali ini, CITCOM bekerja sama dengan Yayasan Permata Insani Bandung untuk memberikan kesempatan para anak-anak yang diasuhnya untuk berwisata sekaligus berlatih berkuda dan memanah. Dua jenis olah raga ini selain menyenangkan dan menyehatkan, ternyata juga dapat melatih sejumlah kompetensi lain yang dibutuhkan oleh anak-anak. Seperti misalnya kepemimpinan, fokus, empati, dan sebagainya. Anak-anak diberikan pelatihan ini selama beberapa jam oleh para instruktur yang ramah dan sabar dari Darus Sunnah Eco Pesantren Darut Tauhid.

CITCOM Business Talk
Untuk mengisi waktu sembari menunggu anak-anak berwisata dan latihan berkuda dan memanah, para anggota CITCOM disuguhi tayangan bergizi lainnya. Yaitu sharing bertema “Becoming the Influential Leader” oleh Bambang Triyawan dari Invis Coach. 

Bambang Triyawan dari Invis Coach menyampaikan sharing "Becoming The Influential Leader"

Pada sesi ini Bambang menjelaskan tips-tips bermanfaat untuk menjadi pemimpin yang memiliki pengaruh yang kuat di perusahaan atau organisasinya masing-masing. Materi yang disampaikan ini sangat penting karena salah satu faktor yang paling dibutuhkan dari seorang pemimpin adalah memiliki pengaruh yang kuat pada yang dipimpinnya. Bambang menjelaskan bahwa tiga langkah untuk menjadi pemimpin yang berpengaruh, yaitu: 

  1. membangun integritas pribadi
  2. memahami tim
  3. membagikan inspirasi

Ketiga langkah tersebut dipaparkan dengan menarik selama kurang lebih 1 jam. Alhasil, Pemimpin yang berpengaruh selalu berusaha menyiapkan pemimpin masa depan bagi organisasi dengan mengembangkan orang lain secara konsisten. Demikian pungkas Bambang mengakhiri sharing menariknya. 

Sambutan CITCOM diwakili Umar Alhabsyi  dari Millennia Solusi Informatika

Acara sharing bisnis tersebut selesai seiring dengan selesainya juga anak-anak berwisata dan latihan berkuda dan memanah. Kemudian acara dilanjutkan dengan berkumpulnya anak-anak yang diisi beberapa sambutan dari pengelola Darus Sunnah, dari Yayasan Permata Insani, dan sambutan mewakili CITCOM yang disampaikan oleh Umar Alhabsyi dari PT Millennia Solusi Informatika. Pada kesempatan itu Umar menyampaikan pengenalan tentang misi CITCOM, CITCOM Ceria, serta ajakan untuk bergabung dalam program CITCOM Ceria berikutnya. Selain sambutan-sambutan, pada kesempatan itu juga diserahkan hadiah-hadiah dari CITCOM kepada anak-anak dan Yayasan Permata Insani yang Insya Allah dapat menambah kebahagiaan mereka hari itu.

Potensi "Deal" penuh "daging" di sela-sela CITCOM Ceria

Seperti biasa di sela-sela kegiatan tersebut, obrolan santai diantara anggota yang hadir juga tak kalah bergizinya. Semoga semangat pertemanan, saling belajar dan kolaborasi dari para anggota CITCOM ini dapat terus menguat. Tak kalah pentingnya manfaat dari forum ini juga meluber keluar. Diantaranya melalui program-program seperti CITCOM Ceria ini. Semoga.

(Sumber : wakool.id)